Bunch Of Thank's ^^

Selasa, 12 Juli 2011

http://webinstan.karanganyardesign.web.id/wp-content/uploads/2011/05/thank-you.jpg


Finaly, thank God makalah dan webnya selesai.... -_-' *sweat sweat..
tinggal gimana sidangnya aja , meskipun masih rada ngeblank apa aja yang harus dipersiapkan buat sidang dan class display tapi setidaknya satu tahapan udah selesai...

Untuk itu, i would like to say alot of thanks to these people....
1. My mom, and family who always support me with anything, and anytime..
2. My Official Boyfriend, who is giving me alot of love, that fullfil my spirit :D keep loving me, darl :*
3. Onnie, Mba, Tante Dinda Bachtiar a.k.a Dinda Anggiana yang baenya ga ketulungan rela direpotiiiiiiiin terus sama dongsaengnya ini.. (masuk surga lo mba) haha semoga abis lulus beneran nikah ye . amien.
4. Clausizta~, dan semua temen2 angkatan 2008 tanpa terkecuali
5. Bpk. Pembimbing yang selalu mengingatkan saya dengan tugas2 mematikan itu...
6. dan semua teman yang sudah memberikan support with the precious pray ;), god bless u all..

I LOVE YOU GUYS :)
thanks alot for everything..... keep supporting me... ^^


With Love,

http://setiaonebudhi.files.wordpress.com/2011/01/thanks.png
Indy

Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA


Adi Kusrianto, Panduan lengkap memakai Adobe Illustrator CS 2, (Cet. I; Surabaya; Elex Media Komputindo, 2004), hal. 3

Adi Kusrianto, PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, (Cet. II; Yogyakarta; ANDI, 2009), hal. 02-12

Adi Kusrianto, TIPOGRAFI KOMPUTER UNTUK DESAINER GRAFIS, (Cet. I; Yogyakarta; ANDI, 2004), hal. 02-17

ANDI, 55 Kreasi Populer Animasi Cantik dengan Adobe Flash, 009, hal:iii

ANDI, Adobe Dreamweaver CS4 Untuk Pemula, 2009, hal:2

Chandra, Animasi Teks Profesional dengan SWiSHmax, 2005, hal:iii

Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, NIRMANA Dasar-dasar Seni dan Desain, (Cet. I; Yogyakarta; JALASUTRA, 2009), hal. 13-31

Elvi Juliansyah, S.Sos, Promosi Public Relations, (Cet. II:Mandar Maju) 2002, hal 24

http://id.wikipedia.org/wiki/Art_Deco

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

Jayan, 7 Jam Belajar Interaktif Photoshop CS3 untuk Orang Awam, Maxikom, 2007, hal:1

Jolanda Srisusana Atmadjaja, Meydian Sartika Dewi, ESTETIKA BENTUK, (Jakarta; Gunadarma, 1999), hal. 10-11

McGraw Ibiz Fernandez, Animation & Cartooning: A creative Guide, (California:2002), hal. 50

Yongky Safanayong, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TERPADU, (Cet. II; Jakarta; BUANA PRINTING, 2006), hal. 03-04

COVER




“PERANCANGAN KOMUNIKASI CITRA USAHA PADA PT. BAHANA NUSANTARA BERBASIS WEB”

TUGAS AKHIR
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Penyelesaian Pendidikan Program Diploma III ( D 3 )
Pada Program Studi Manajemen Informatika
Konsentrasi Desain Grafis









Nama : Indri Whin Putri Kusuma
Nim : 2081330019

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer
AMIK WAHANA MANDIRI
TANGERANG
2011

Proses Kreatif 3

Beberapa contoh isi halaman







Proses Kreatif 2

1. Tampilan Awal Home dan Page lainnya






Proses Kreatif 1



1. Pembuatan Time Schedule





2. Pencarian Referensi






















3. Pembuatan Story Board







4. Pembuatan Sketsa Kasar (Rough Layout)

Preview BAB 4

BAB IV

KONSEP PRODUKSI MEDIA WEBSITE


4.1. Preproduction
Untuk Preproduction adalah tahapan dimana dimulainya ide, perencanaan dan persiapan dari Konsep Produksi. Terdapat 5 langkah Preproduction dalam Konsep Produksi ini, dimulai dari mencari referensi dari website sejenis yang sudah ada, membuat sketsa kasar, lalu diikuti dengan pembuatan Storyboard, dan menentukan kerangka isi dari website.

4.1.1. Pencarian referensi melalui media internet. Website yang menjadi referensi merupakan website dari perusahaan sejenis, yaitu perusahaan Jasa Arsitektur. Referensi ini ditujukan sebagai bahan dalam mencari ide dan gagasan dalam menetukan desain maupun informasi yang diberikan. Beberapa website yang menjadi referensi, antara lain :
- www.mospromstroy.com/en/
- http://www.tridhistana.co.id/

4.1.2. Kerangka Website
4.1.2.1. Home
Isi dari halaman Home adalah Banner , Main Button, dan pada bagian Content terdapat sekilas pandang mengenai perusahaan yang diberikan animasi sederhana. Juga terdapat sedikit dari portfolio perusahaan yang dirancang bergerak. Tujuannya adalah agar memudahkan seseorang yang membuka halaman muka website untuk memahami isi dari website ini.
4.1.2.2. Profile
Untuk bagian Banner seperti sudah dibahas sebelumnya, Banner selalu statis hanya dibagian content yang berubah. Pada profile page, terdapat sejarah dari berdirinya perusahaan, struktur organisasi, profil tim inti dari perusahaan, dan hal-hal lain yang menyangkut biodata perusahaan.
4.1.2.3. Portfolio
Merupakan halaman yang berperan penting pada website ini. Karena pada halaman ini terdapat hampir semua gambar dari hasil kerja perusahaan. Mulai dari gambar-gambar perencanaan pembangunan, lokasi pembangunan, dan hal lain yang berkaitan dengan proyek-proyek tersebut.
4.1.2.4. News
Berisikan kabar terbaru dari perusahaan. Berupa berita dari proyek pembangunan terbaru, dan segala informasi terkini dari perusahaan.
4.1.2.5. Articles
Berisi artikel-artikel yang memberikan pengetahuan lebih seputar arsitektur. Ditujukan tidak hanya untuk calon klien, tetapi untuk masyarakat pengguna internet secara umum.
4.1.2.6. Contact us
Terdapat peta lokasi perusahaan, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya mengenai cara menghubungi perusahaan.


4.2. Production
Pada bagian ini menjelaskan langkah-langkah pada proses merancang desain website ini.
4.2.1. Fasilitas Produksi
Dalam merancang desain website perusahaan ini fasilitas utama yang digunakan adalah seperangkat computer dengan spesifikasi sebagai berikut :
Operating System : Windows 7 Ultimate 32-bit
(6.1, Build 7600)
System Manufacture : Hewlett-Packard
System Model : HP G42 Notebook PC
BIOS : Default System BIOS
Processor : Intel (R) Core(TM) i3 CPU M380
@2.53GHz (4CPUs), ~2.5GHz
Memory : 2048 MB RAM

4.2.2. Konsep Visual
Konsep visualisasi dari perancangan ini adalah pameran hasil pembangunan. Maksudnya adalah, tampilan website dirancang menyerupai sebuah pameran maket pembangunan. Menampilkan beberapa portfolio hasil kerja perusahaan dengan komposisi efek dan ilustrasi yang membuatnya terlihat seperti berada disebuah meja maket pameran.
4.2.3. Tujuan Visual
Tujuan dari konsep visual yang dibuat adalah untuk memberikan gambaran jati diri perusahaan. Setiap orang akan memiliki penilaian tersendiri akan sesuatu yang dilihatnya pertama kali, jika dari pandangan pertama kesan yang ditimbulkan tidak baik, maka image yang melekat menjadi tidak baik meskipun mungkin didalamnya terdapat sesuatu yang baik. Begitu pula sebaliknya. Dengan dasar itulah, perancangan ini dikerjakan sebaik mungkin untuk menghasilkan suatu tampilan yang dapat memberikan kesan yang baik dari awal hingga akhir tampilan. Sehingga jika calon klien sudah mendapatkan kesan yang baik dari tampilan ini, diharapkan untuk selanjutnya berkembang menjadi keinginan untuk memakai jasa perusahaan.

4.3 Post Production
Pada bagian ini menjelaskan langkah-langkah pada proses publishing website. Berikut ini merupakan langkah dalam hosting website ke dalam free domain www.co.cc dengan menggunakan hosting 000webhost.com.

Preview BAB 3

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH


3.1 Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti
3.1.1 Sejarah Singkat PT. BAHANA NUSANTARA
PT. Bahana Nusantara adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam lingkup usaha Jasa Konsultansi, didirikan pada tanggal 26 September 2003 sebagai upaya ikut berperan serta mengisi pembangunan bangsa dan Negara Indonesia.
Pimpinan perusahaan PT. BAHANA NUSANTARA adalah Ir. Tjutju Rasmadi DJ yang bertanggung jawab penuh terhadap jalan dan operasionalnya perusahaan, dan diberi mandate sebagai Direktur Utama oleh pengurus atau penanggung jawab perusahaan.
Visi dan misi dari PT. BAHANA NUSANTARA yang hendak dicapai adalah mampu berperan serta dalam pembangunan nasional dan mampu berkarya secara profesional sebagai perwujudan dari tindakan mulia.
Dari sejak berdirinya hingga sekarang, perusahaan ini telah cukup mempunyai pengalaman kerja dalam menangani proyek-proyek skala nasional di Indonesia.

3.2 Informasi Layanan
PT. Bahana Nusantara sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Konsultasi mampu memberikan Jasa Konsultasi Konstruksi dan Non Konstruksi dengan bidang sebagai berikut :
3.2.1 Jasa Konsultansi Konstruksi
3.2.1.1 Bidang Arsitektur
• Jasa Nasihat / Pra-Disain, Disain dan Administrasi Kontrak Arsitektural
• Jasa Arsitektural Lansekap
• Jasa Desain Interior
3.2.1.2 Bidang Sipil
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Bangunan
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Teknik Sipil Keairan
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi
3.2.1.3 Bidang Mekanikal
• Jasa Disain Enjiniring Mekanikal
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Industrial Plant dan Proses


3.2.1.4 Bidang Elektrikal
• Jasa Nasehat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Sistem Kontrol Lalu Lintas
3.2.1.5 Bidang Tata Lingkungan
• Jasa Konsultansi Lingkungan
• Jasa Perencanaan Urban
• Jasa Nasehat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Tata Lingkungan Lainnya
3.2.1.6 Layanan Jasa Inspeksi Teknis
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Bangunan
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Pekerjaan Teknik Sipil Keairan
3.2.2 Jasa Konsultansi Non Konstruksi
3.2.2.1 Bidang Pengembangan Pertanian dan Pedesaan
• Prasarana Sosial dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat
• Kredit dan Kelembagaan Pertanian
• Perkebunan dan Mekanisasi Pertanian
• Pembibitan
• Pengendalian Hama/Penyakit Tanaman
• Peternakan
• Kehutanan
• Perikanan
• Tanaman Keras dan Pangan dan Produk Tanaman Lain
• Konservasi dan Penghijauan
• Sub-Bidang Pengembangan Pertanian dan Pedesaan Lainnya
3.2.2.2 Bidang Transportasi
• Pengembangan sarana transportasi
• Legislasi/peraturan bidang transportasi
• Usaha jasa angkutan
• Sub-bidang transportasi lainnya


3.3 Analisis pasar
3.3.1 Posisi Pasar
Keberadaan PT. Bahana Nusantara dalam misinya turut membangun bangsa, tentu memberikan pengaruh yang besar dalam dunia industri skala nasional. Ditengah peradaban yang semakin mengedepankan pembangunan, perusahaan ini mempunyai posisi pasar yang sangat baik. Mempunyai banyak peluang dan prospek pekerjaan yang sangat baik.
Dengan berdasarkan pada hal tersebut, perusahaan ini terus melanjutkan perkembangan dalam segala bidang penunjang pembangunan. Diharapkan dengan adanya perancangan website yang berfungsi sebagai sumber informasi dan profil perusahaan dapat membantu meluasnya jaringan dan kesempatan perusahaan sehingga dapat mempertahankan posisi pasar yang baik.
3.4 Potensi Pasar
Dengan banyaknya keinginan masyarakat perindustrian dalam pembangunan, perusahaan memiliki potensi yang sangat baik. Terbukti dengan semakin banyaknya bangunan baru dan banyaknya renovasi-renovasi bangunan yang membutuhkan jasa konsultansi arsitek. Karena hal itulah omset yang didapat perusahaan meningkat setiap tahunnya.
3.5 Segmentasi Pasar
3.5.1 Segmentasi Geografi
PT. Bahana Nusantara bertempat di kawasan perkantoran tepatnya di Jl. Kemajuan Jakarta Selatan. Mempunyai 1 (satu) cabang yang berlokasi di Jl. Manunggal Jakarta Selatan.
3.5.2 Segmentasi Demografi
Pangsa pasar adalah perusahaan-perusahaan dan perorangan, dengan proyek pembangunan gedung, rumah tinggal, pasar, tempat ibadah, renovasi bangunan, dan masih banyak lagi.
PT. Bahana Nusantara sendiri telah memiliki konsumen tetap, yaitu dari PT. Transportasi Gas Indonesia dan PT. Perusahaan Gas Negara.

Preview BAB 2

BAB II

LANDASAN TEORI


2.1 Teori bersifat umum
Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar tatanan huruf serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan). Dengan demikian, gagasan bisa diterima oleh orang atau kelompok yang menjadi sasaran penerima pesan.
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra. Namun, perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Apabila kita berpijak pada nama Desain Komunikasi Visual, setidaknya kita memiliki tiga makna yang saling berkaitan.
Desain : berkaitan dengan perancangan estetika, cita rasa, serta kreativitas.
Komunikasi : ilmu yang bertujuan menyampaikan maupun sarana untuk menyampaikan pesan.
Visual : sesuatu yang dapat dilihat.

Dari ketiga makna kata tersebut, kata komunikasilah yang menjadi tujuan pokoknya. Jika saat ini Desain Komunikasi Visual hanya terbatas sebagai ilmu yang mempelajari segala upaya untuk menciptakan sutau rancangan alias desain yang bersifat kasat mata(visual) untuk mengomunikasikan maksud, maka itu sebetulnya hanya terbatas pada sepotong saja dari sebuah tujuan tatanan estetika yang lebih luas.
Studi desain secara luas dapat disempitkan berfokus pada bentuk dan fungsi serta dasar pemikiran, kebutuhan, maksud dan tujuan kegunaan serta implikasi bentuk. Dengan lebih memahami fungsi bentuk, kita lebih memahami bagaimana bentuk dapat menghubungkan kita ke orang lain dan ke dunia.
Fungsi dari desain komunikasi visual, antara lain :
1. Untuk memberitahu atau member informasi (to inform), mencakup : menjelaskan, menerangkan, dan mengenalkan.
2. Untuk member penerangan (to enlighten), mencakup : membuka pikiran dan menguraikan.
3. Untuk membujuk (to persuade), mencakup : menganjurkan (umumnya dalam periklanan), komponen-komponennya termasuk kepercayaan, logika dan daya tarik.
4. Untuk melindungi (to protect), fungsi khusus untuk desain kemasan dan kantong belanja.


2.2 Teori bersifat khusus
2.2.1 Komunikasi Citra Usaha (Promosi Public Relations)
Promosi Public Relations berupaya mengubah citra (image change) terhadap persoalan yang dihadapi oleh konsumen (public) sehingga komunikasi bisnis yang menggunakan selama dianggap hanya sebagai sarana pemberitahuan semata, bukan sebagai sarana untuk mendidik dan mengubah paradigma masyarakat (public) terhadap produk tersebut. Promosi Public Relations berakar dari Public Relations sehingga pola dan pendekatan yang digunakan berasal dari penerapan public relations yang menekankan, bahwa produk yang ditawarkan adalah bagian dari kehidupan public yang mempunyai perhatian sungguh-sungguh dengan mengedepankan citra baik, itikad baik, kejujuran, ketulusan, membangun kebersamaan emosional dan publik merupakan bagian tidak terpisahkan dari produk yang ditawarkan. Kepercayaan tidak tumbuh semudah yang kita bayangkan, tetapi kepercayaan tumbuh melalui proses yang panjang dengan pola-pola kontak yang terjadi timbal-balik antara perusahaan dengan membangun corporate image, brand image, dan public image, hal itu dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dan saling mendukung antara corporate (product) dan publiknya.

2.2.2 Website
Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Languagebiasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut.

Preview BAB 1

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
PT. Bahana Nusantara adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam lingkup usaha Jasa Konsultansi Arsitektur, didirikan pada tanggal 26 September 2003 sebagai upaya ikut berperan serta mengisi pembangunan bangsa dan Negara Indonesia. Bekerja sebagai Konsultan Arsitek Interior dan Exterior. Menghasilkan dokumen-dokumen perencanaan berupa gambar-gambar 2 Dimensi dan 3 Dimensi dari sebuah proyek pembangunan.
Informasi yang dibutuhkan oleh calon klien berupa profil, portfolio pekerjaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan PT. Bahana Nusantara merupakan hal yang wajib perusahaan berikan.
Berdasarkan hal tersebut, sebuah website dirancang sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi-informasi tersebut. Website dipandang menjadi media yang dapat memudahkan calon klien dalam mencari informasi mengenai perusahaan secara efisien, efektif, dan ramah lingkungan dan dapat diakses siapapun dan dimanapun. Website menjadi sarana yang sangat menguntungkan dibandingkan dengan mencetak profil perusahaan berupa buku yang sangat tidak efisien, high cost, dan tidak ramah lingkungan.

1.2 Rumusan Masalah
Yang menjadi faktor dalam merancang komunikasi citra usaha pada PT. Bahana Nusantara berbasis web, adalah :
- Bagaimanakah merancang desain Website yang baik untuk PT. Bahana Nusantara ?

1.3 Ruang lingkup
Penulisan tugas akhir ini dibatasi hanya mengenai perancangan desain dari pembuatan sarana komunikasi citra usaha PT. Bahana Nusantara berbasis web.

1.4 Tujuan dan Manfaat
Pemenuhan faktor-faktor yang menjadi tujuan dalam perancangan komunikasi citra usaha pada PT. Bahana Nusantara berbasis web, adalah:
1.4.1 Tujuan
Tujuan adanya sebuah Website ini adalah sebagai sarana promosi yang dapat meyakinkan para calon klien untuk menggunakan jasa dari perusahaan ini. Desain yang dirancang mengedepankan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan dan pencerminan masa depan. Didesain dengan baik dari segi penampilan maupun informasi yang diberikan. Dengan komposisi-komposisi desain yang sesuai, detail dari setiap rancangan memiliki makna yang dapat menggambarkan citra perusahaan ini.

1.4.2 Manfaat
Manfaat yang didapat dari perancangan ini adalah meningkatnya jumlah klien yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan. Tetapi hadirnya website ini tidak diperuntukkan khusus kepada calon klien saja, melainkan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum juga. Jadi manfaat dari hadirnya website ini juga memberikan pengetahuan mengenai pembangunan kepada masyarakat umumnya.

1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan metode yang sample permasalahannya ditentukan sejak awal, desainnya spesifik, jelas dan terperinci, serta menjadi pedoman dalam perancangannya.

1.6 Teknik Pengumpulan Data
Dalam perancangan website PT. Bahana Nusantara ini, penulis menerapkan metode-metode pengumpulan data sebagai berikut :
1.6.1 Studi Pustaka
Studi Pustaka merupakan metode yang dilakukan dengan cara mempelajari berbagai sumber referensi, mulai dari buku, internet, dan bahan pendukung lainnya yang dibutuhkan.


1.6.2 Observasi
Obseravsi yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian untuk mendapatkan data yang diperlukan.
1.6.3 Wawancara tak terstruktur
Wawancara tak terstruktur adalah tanya jawab yang dilakukan oleh penulis atau peneliti pada satu narasumber (dalam hal ini narasumbernya adalah pemimpin dari PT. Bahana Nusantara), tanya jawab ini dilakukan secara bebas, maksudnya penulis tidak menggunakan pedoman wawancara secara sistematis melainkan hanya berpedoman pada garis-garis besar permasalahan saja.

1.7 Sistematika Penulisan
Secara garis besar penulis membuat tugas ini ke dalam 5 (Lima) bab, dimana setiap bab menjelaskan hal sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Memberikan penjelasan mengenai PT. Bahana Nusantara dan penjelasan mengenai masalah yang melatarbelakangi perancangan ini, penulis juga memberikan penjelasan dari metode yang dipakai dalam penulisan tugas akhir ini.
BAB II LANDASAN TEORI
Menjelaskan teori–teori yang menjadi dasar dalam pembuatan desain website PT. Bahana Nusantara, bersifat deduktif dimulai dari teori secara umum lalu teori secara khusus mengenai definisi dari komunikasi citra usaha dan website.
BAB III IDENTIFIKASI DAN ANALISIS MASALAH
Bagian ini menjelaskan gambaran secara umum mengenai objek penilitian, menjelaskan sejarah hingga struktur organisasi dalam biro perusahaan PT. Bahana Nusantara.
BAB IV PERANCANGAN
Bagian ini menjelaskan konsep-konsep yang digunakan dalam merancang desain komunikasi citra usaha pada PT. Bahana Nusantara berbasis web, proses perancangan, dan penerapan desainnya.
BAB V PENUTUP
Pada bab penutup ini penulis akan menyimpulkan keseluruhan dari pembuatan desain dengan memberikan saran, bertujuan untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan desain website PT. Bahana Nusantara.

Preview BAB 5

Senin, 11 Juli 2011

BAB V

PENUTUP


5.1 Kesimpulan
Website yang baik memiliki keselarasan antara desain dan fungsi. Dimana dalam komposisi desain yang menarik, terdapat fungsi yang sesuai dengan tujuan dibuatnya website tersebut. Fungsi tersebut antara lain ;
- Informasi
Menjadi sumber informasi merupakan tujuan utama dirancangnya sebuah website, maka dalam perancangan website ini setiap desain dirancang agar memiliki informasi yang dapat diberikan kepada masyarakat umumnya, dan calon klien khususnya.
- Promosi
Website ini juga dirancang sebagai salah satu sarana promosi yang efisien, efektif dan low cost. Dengan komposisi dan konsep yang baik, hadirnya website ini ditujukan untuk menjadi faktor yang dapat meyakinkan calon klien dalam menggunakan jasa dari perusahaan.

5.2 Saran
Untuk menciptakan website yang berkualitas mulai dari peluncuran hingga ke depannya, saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah,
- Maintanance website secara berkala untuk mempermudah pengunjung untuk mengakses website ini.
- Senantiasa memberikan informasi-informasi terbaru baik informasi mengenai perusahaan maupun infor pengunjungmasi umum.
- Dapat memberikan inovasi-inovasi tertentu pada rancangan website, sehingga website memiliki daya tarik.

Preview Abstraksi

PT. Bahana Nusantara adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam lingkup usaha Jasa Konsultansi Arsitektur, visi dan misi dari PT. BAHANA NUSANTARA yang hendak dicapai adalah mampu berperan serta dalam pembangunan nasional dan mampu berkarya secara profesional sebagai perwujudan dari tindakan mulia. Mengingat semakin banyaknya calon konsumen yang membutuhkan informasi seputar perusahaan untuk penilaian mengenai pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan, maka dibangunlah website sebagai media komunikasi pencitraan perusahaan. Komunikasi citra usaha disini berarti sebagai penyampaian kepada khalayak umum, khususnya konsumen, pencitraan dan hal-hal yang dapat meyakinkan konsumen agar menggunakan jasa dari PT. Bahana Nusantara yang divisualisasikan melalui desain-desain yang terdapat dalam website. Website merupakan media pengembangan dari penyampaian informasi yang sangat efisien, efektif dan low budget. Meskipun perusahaan ini sudah mempunyai profil perusahaan berupa buku, karena banyaknya permintaan dari konsumen, maka media ini menjadi tidak efisien dan sangat high cost. “Perancangan Komunikasi Citra Usaha Pada PT. Bahana Nusantara Berbasis Web”, dipandang menjadi judul yang tepat untuk memberikan gambaran atas keseluruhan rancangan website PT. Bahana Nusantara

Kata kunci : Website, Komunikasi citra usaha