Preview BAB 4

Selasa, 12 Juli 2011

BAB IV

KONSEP PRODUKSI MEDIA WEBSITE


4.1. Preproduction
Untuk Preproduction adalah tahapan dimana dimulainya ide, perencanaan dan persiapan dari Konsep Produksi. Terdapat 5 langkah Preproduction dalam Konsep Produksi ini, dimulai dari mencari referensi dari website sejenis yang sudah ada, membuat sketsa kasar, lalu diikuti dengan pembuatan Storyboard, dan menentukan kerangka isi dari website.

4.1.1. Pencarian referensi melalui media internet. Website yang menjadi referensi merupakan website dari perusahaan sejenis, yaitu perusahaan Jasa Arsitektur. Referensi ini ditujukan sebagai bahan dalam mencari ide dan gagasan dalam menetukan desain maupun informasi yang diberikan. Beberapa website yang menjadi referensi, antara lain :
- www.mospromstroy.com/en/
- http://www.tridhistana.co.id/

4.1.2. Kerangka Website
4.1.2.1. Home
Isi dari halaman Home adalah Banner , Main Button, dan pada bagian Content terdapat sekilas pandang mengenai perusahaan yang diberikan animasi sederhana. Juga terdapat sedikit dari portfolio perusahaan yang dirancang bergerak. Tujuannya adalah agar memudahkan seseorang yang membuka halaman muka website untuk memahami isi dari website ini.
4.1.2.2. Profile
Untuk bagian Banner seperti sudah dibahas sebelumnya, Banner selalu statis hanya dibagian content yang berubah. Pada profile page, terdapat sejarah dari berdirinya perusahaan, struktur organisasi, profil tim inti dari perusahaan, dan hal-hal lain yang menyangkut biodata perusahaan.
4.1.2.3. Portfolio
Merupakan halaman yang berperan penting pada website ini. Karena pada halaman ini terdapat hampir semua gambar dari hasil kerja perusahaan. Mulai dari gambar-gambar perencanaan pembangunan, lokasi pembangunan, dan hal lain yang berkaitan dengan proyek-proyek tersebut.
4.1.2.4. News
Berisikan kabar terbaru dari perusahaan. Berupa berita dari proyek pembangunan terbaru, dan segala informasi terkini dari perusahaan.
4.1.2.5. Articles
Berisi artikel-artikel yang memberikan pengetahuan lebih seputar arsitektur. Ditujukan tidak hanya untuk calon klien, tetapi untuk masyarakat pengguna internet secara umum.
4.1.2.6. Contact us
Terdapat peta lokasi perusahaan, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya mengenai cara menghubungi perusahaan.


4.2. Production
Pada bagian ini menjelaskan langkah-langkah pada proses merancang desain website ini.
4.2.1. Fasilitas Produksi
Dalam merancang desain website perusahaan ini fasilitas utama yang digunakan adalah seperangkat computer dengan spesifikasi sebagai berikut :
Operating System : Windows 7 Ultimate 32-bit
(6.1, Build 7600)
System Manufacture : Hewlett-Packard
System Model : HP G42 Notebook PC
BIOS : Default System BIOS
Processor : Intel (R) Core(TM) i3 CPU M380
@2.53GHz (4CPUs), ~2.5GHz
Memory : 2048 MB RAM

4.2.2. Konsep Visual
Konsep visualisasi dari perancangan ini adalah pameran hasil pembangunan. Maksudnya adalah, tampilan website dirancang menyerupai sebuah pameran maket pembangunan. Menampilkan beberapa portfolio hasil kerja perusahaan dengan komposisi efek dan ilustrasi yang membuatnya terlihat seperti berada disebuah meja maket pameran.
4.2.3. Tujuan Visual
Tujuan dari konsep visual yang dibuat adalah untuk memberikan gambaran jati diri perusahaan. Setiap orang akan memiliki penilaian tersendiri akan sesuatu yang dilihatnya pertama kali, jika dari pandangan pertama kesan yang ditimbulkan tidak baik, maka image yang melekat menjadi tidak baik meskipun mungkin didalamnya terdapat sesuatu yang baik. Begitu pula sebaliknya. Dengan dasar itulah, perancangan ini dikerjakan sebaik mungkin untuk menghasilkan suatu tampilan yang dapat memberikan kesan yang baik dari awal hingga akhir tampilan. Sehingga jika calon klien sudah mendapatkan kesan yang baik dari tampilan ini, diharapkan untuk selanjutnya berkembang menjadi keinginan untuk memakai jasa perusahaan.

4.3 Post Production
Pada bagian ini menjelaskan langkah-langkah pada proses publishing website. Berikut ini merupakan langkah dalam hosting website ke dalam free domain www.co.cc dengan menggunakan hosting 000webhost.com.

0 komentar: