Preview BAB 3

Selasa, 12 Juli 2011

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH


3.1 Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti
3.1.1 Sejarah Singkat PT. BAHANA NUSANTARA
PT. Bahana Nusantara adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam lingkup usaha Jasa Konsultansi, didirikan pada tanggal 26 September 2003 sebagai upaya ikut berperan serta mengisi pembangunan bangsa dan Negara Indonesia.
Pimpinan perusahaan PT. BAHANA NUSANTARA adalah Ir. Tjutju Rasmadi DJ yang bertanggung jawab penuh terhadap jalan dan operasionalnya perusahaan, dan diberi mandate sebagai Direktur Utama oleh pengurus atau penanggung jawab perusahaan.
Visi dan misi dari PT. BAHANA NUSANTARA yang hendak dicapai adalah mampu berperan serta dalam pembangunan nasional dan mampu berkarya secara profesional sebagai perwujudan dari tindakan mulia.
Dari sejak berdirinya hingga sekarang, perusahaan ini telah cukup mempunyai pengalaman kerja dalam menangani proyek-proyek skala nasional di Indonesia.

3.2 Informasi Layanan
PT. Bahana Nusantara sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Konsultasi mampu memberikan Jasa Konsultasi Konstruksi dan Non Konstruksi dengan bidang sebagai berikut :
3.2.1 Jasa Konsultansi Konstruksi
3.2.1.1 Bidang Arsitektur
• Jasa Nasihat / Pra-Disain, Disain dan Administrasi Kontrak Arsitektural
• Jasa Arsitektural Lansekap
• Jasa Desain Interior
3.2.1.2 Bidang Sipil
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Bangunan
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Teknik Sipil Keairan
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi
3.2.1.3 Bidang Mekanikal
• Jasa Disain Enjiniring Mekanikal
• Jasa Nasihat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Industrial Plant dan Proses


3.2.1.4 Bidang Elektrikal
• Jasa Nasehat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Sistem Kontrol Lalu Lintas
3.2.1.5 Bidang Tata Lingkungan
• Jasa Konsultansi Lingkungan
• Jasa Perencanaan Urban
• Jasa Nasehat/Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Tata Lingkungan Lainnya
3.2.1.6 Layanan Jasa Inspeksi Teknis
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Bangunan
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi
• Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Pekerjaan Teknik Sipil Keairan
3.2.2 Jasa Konsultansi Non Konstruksi
3.2.2.1 Bidang Pengembangan Pertanian dan Pedesaan
• Prasarana Sosial dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat
• Kredit dan Kelembagaan Pertanian
• Perkebunan dan Mekanisasi Pertanian
• Pembibitan
• Pengendalian Hama/Penyakit Tanaman
• Peternakan
• Kehutanan
• Perikanan
• Tanaman Keras dan Pangan dan Produk Tanaman Lain
• Konservasi dan Penghijauan
• Sub-Bidang Pengembangan Pertanian dan Pedesaan Lainnya
3.2.2.2 Bidang Transportasi
• Pengembangan sarana transportasi
• Legislasi/peraturan bidang transportasi
• Usaha jasa angkutan
• Sub-bidang transportasi lainnya


3.3 Analisis pasar
3.3.1 Posisi Pasar
Keberadaan PT. Bahana Nusantara dalam misinya turut membangun bangsa, tentu memberikan pengaruh yang besar dalam dunia industri skala nasional. Ditengah peradaban yang semakin mengedepankan pembangunan, perusahaan ini mempunyai posisi pasar yang sangat baik. Mempunyai banyak peluang dan prospek pekerjaan yang sangat baik.
Dengan berdasarkan pada hal tersebut, perusahaan ini terus melanjutkan perkembangan dalam segala bidang penunjang pembangunan. Diharapkan dengan adanya perancangan website yang berfungsi sebagai sumber informasi dan profil perusahaan dapat membantu meluasnya jaringan dan kesempatan perusahaan sehingga dapat mempertahankan posisi pasar yang baik.
3.4 Potensi Pasar
Dengan banyaknya keinginan masyarakat perindustrian dalam pembangunan, perusahaan memiliki potensi yang sangat baik. Terbukti dengan semakin banyaknya bangunan baru dan banyaknya renovasi-renovasi bangunan yang membutuhkan jasa konsultansi arsitek. Karena hal itulah omset yang didapat perusahaan meningkat setiap tahunnya.
3.5 Segmentasi Pasar
3.5.1 Segmentasi Geografi
PT. Bahana Nusantara bertempat di kawasan perkantoran tepatnya di Jl. Kemajuan Jakarta Selatan. Mempunyai 1 (satu) cabang yang berlokasi di Jl. Manunggal Jakarta Selatan.
3.5.2 Segmentasi Demografi
Pangsa pasar adalah perusahaan-perusahaan dan perorangan, dengan proyek pembangunan gedung, rumah tinggal, pasar, tempat ibadah, renovasi bangunan, dan masih banyak lagi.
PT. Bahana Nusantara sendiri telah memiliki konsumen tetap, yaitu dari PT. Transportasi Gas Indonesia dan PT. Perusahaan Gas Negara.

0 komentar: